Translate

Hosting Unlimited Indonesia

Mei 22, 2013

Penandatanganan Nota Kerjasama Antara Pemerintah Kabupaten Banjarnegara Dengan LPPSLH dan Hivos

Penandatanganan nota kerjasama (Technical Agreement) antara Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dengan HIVOS Regional Asia Tenggara dan LPPSLH (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Lingkungan Hidup) Purwokerto dalam rangka program Pengembangan Produksen Gula Kelapa Aren di wilayah Kabupaten Banjarnegara telah dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Mei 2013 di
Pringgitan Rumah Dinas Bupati Banjarnegara. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Banjarnegara, Wakil Bupati Banjarnegara, Direktur LPPSLH, dan Direktur HIVOS Regional Asia Tenggara. Hadir juga Kepala Dinas Indakop, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala BAPPEDA, dan juga Camat Mandiraja, Camat Susukan, dan Camat Pandanarum.
Acara dimulai dengan ramah-tamah sambutan dari Bupati Banjarnegara kepada seluruh tamu undangan dan dilanjutkan perkenalan dari Direktur HIVOS Regional Asia Tenggara dan dilanjutkan penyampaian ucapan selamat datang dan kesiapan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara untuk melakukan kerjasama peningkatan pengerajin gula kelapa di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Selanjutnya, pembacaan nota kerjasama, dan dilanjutkan penandatanganan nota kerjasama yang telah disepakati oleh ketiga pihak. Prosesi akhir dilakukan tukar-menukar cendera mata dari ketiga pihak tersebut.
Program LPPSLH yang sudah disupport oleh HIVOS di Kabupaten Banjarnegara yang sudah dilaksanakan pada bulan Agustus 2012 sudah meningkatkan penghasilan produksen gula kelapa di Kecamatan Susukan dan Kecamatan Mandiraja dengan produksi gula semut sebanyak 4.500 kg/bulan. Peningkatan penghasilan yang diterima dengan kegiatan tersebut mencapai 45% dari penghasilan sebelumnya. Hal ini dikarenakan produksen gula kelapa (pengerajin gula) sudah mulai melakukan penataan kualitas gula kelapa dan melakukan variasi produksi. Variasi produksi yang dilakukan adalah dengan membuat gula semut dengan berbagai rasa, seperti rasa jahe, rasa kunir, rasa temulawak. Jangkauan program yang telah dilaksanakan menargetkan untuk 700 produksen gula kelapa untuk melakukan perubahan sistem produksi konvensional ke arah sistem produksi organik dengan rencana sertifikasi organik dari lembaga sertifikasi Control Union (CU).
Hal yang membanggakan juga adalah terbentuknya koperasi gula kelapa "Nira Kamukten". Koperasi Nira Kamukten diharapkan dapat menjadi instrumen pelayanan kepada kesejahteraan produksen gula kelapa secara lebih profesional. Profesionalitas Koperasi Nira Kamukten diharapkan dapat membawa pengerajin gula kelapa mengangkat derajat kaum penderes secara umum di tingkat perdagangan gula kelapa di wilayah Kabupaten Banjarnegara hingga perdagangan global dengan sistem free trade yang berkeadilan. Koperasi Nira Kamukten mempunyai wilayah kerja di Kecamatan Susukan di Desa Gumelem Wetan, Gumelem Kulon, Kecamatan Mandiraja untuk Desa Somawangi dan Kabanaran, juga di Kecamatan Pandanarum untukDesa Srirongge dan Pringamba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar