Translate

Hosting Unlimited Indonesia

Mei 18, 2013

PEMBUATAN GULA KELAPA SEMUT ORGANIK RASA JAHE


Achmad Sobari
Gula kelapa semut organik sudah mulai dibuat oleh warga di Desa Gumelem Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Produksi gula kelapa semut organik sudah mencapai 2 ton/bulan. Gula kelapa semut organik sudah dirasakan manfaatnya oleh warga penderes khususnya dalam rangka meningkatkan
penghasilan dari meningkatnya harga gula kelapa yang mereka produksi.
Penderes sebagai produksen gula kelapa sangat mengharapkan meningkatnya harga gula setiap saat, khususnya harga gula bisa meningkat setinggi-tingginya. Kondisi dan kebutuhan pasar menjadi tantangan bagi para penderes untuk terus meningkatkan kualitas gula kelapa yang dihasilkan dan membentuk berbagai variasi produk gula kelapa agar kualitas gula kelapa terus bertambah dan peningkatan harga menjadi dampak turunannya.
Peningkatan kualitas gula kelapa yang sudah dilaksanakan membutuhkan suatu kreatifitas baru untuk meningkatkan fungsi dan manfaat dari gula kelapa sebagai produk olahan primer. Produk olahan primer yang dimaksud adalah bahwa gula kelapa sebagai bahan makanan dapat dimanfaatkan untuk segala macam jenis produk olahan makanan lain yang lebih bermanfaat dari pada jika dikonsumsi dalam bentuk gula kelapa cetak (bathokan).
Pemikiran untuk mengembangkan kembali produk gula kelapa semut organik adalah membuat gula kelapa semur organik menjadi beraroma dan berasa, seperti gula kelapa semut organik rasa jahe. Berikut akan dipaparkan tentang pengelolaan gula kelapa semut organik rasa jahe organik yang dikelola secara bersih dan berkualitas.
B.      Pembuatan Gula Kelapa Semut Organik Rasa Jahe
Cara pembuatan gula kelapa semut organik rasa jahe hampir sama dengan pembuatan gula kelapa semut organik. Namun, perlu ditambahkan proses pembuatan dan pencampuran rasa jahe alami. Untuk rasa jahe alami dapat diambil dari buah jahe emprit yang ukurannya kurus dan kecil tetapi dengan kualitas pedas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jahe gajah. Jahe emprit diambil dari kebun sendiri dengan sistem pertanian organik tanpa pupuk kimia. Jahe yang sudah dipanen diparud kukur agar dihasilkan jahe halus dan selanjutnya diperas dengan saringan atau kain bersih lainnya.
Gula kelapa semut rasa jahe dibuat melalui beberapa tahap proses produksi antara lain: 1) Pengambilan nira oleh penderes di pohon kelapa, 2) Pemasakan nira kelapa menjadi gula kelapa siap untuk dibuat gula semut organik hingga mendidih dan siap untuk digerus, 3) Produksi sari jahe yang dibuat dari jahe alami untuk dibuat sari patinya. 4) Pencampuran sari pati jahe ke dalam masakan nira saat sudah mendidih hingga masak dan siap untuk digerus menjadi gula Kelapa semut organik. 5) Setelah pencampuran, gula kelapa yang sudah siap digerus perlahan-lahan hingga merata tingkat kehalusan dan kelembutannya. 6) Penyaringan gula kelapa yang sudah digerus halus dan lembut untuk memastikan keseragaman kehalusan dan kelembutan.
C.      Pengeringan Gula Kelapa Semut Rasa Jahe
Hasil gula kelapa semut rasa jahe yang sudah jadi diayak dengan halus dan lembut sudah dapat dikonsumsi dan dipasarkan langsung. Akan tetapi untuk memastikan kadar air dalam gula dan keawetan gula kelapa semut tersebut harus dipastikan tingkat kekeringannya. Oleh karena itu, perlu kiranya kami paparkan untuk memperlihatkan tahapan pengeringan gula kelapa semut organik yang berkualitas kering dan halus.
Tahapan pengeringan tersebut adalah 1) siapkan tungku dengan sisa bara pembakaran yang cukup hangat (jangan terlalu panas), 2) Bersihkan wajan tempat masak sebelum dipergunakan, 3) Masukkan gula kelapa semut organik rasa jahe ke dalam wajan masak secara merata dengan mengaduknya secara perlahan ke seluruh lapisan permukaan wajan, 4) Jangan lupa menutup wajan dengan tampah untuk menghindari kotoran yang masuk ke dalam wajan. 5) Untuk memastikan panas tungku tidak terlalu tinggi maka perlu dilakukan pengorekan pada kumpulan bara api di dalam tungku agar lebih merata. 
Oleh: Achmad Sobari
(Ketua Dewan Pengawas, Koperasi Nira Kamukten, Kabupaten Banjarnegara)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar