Translate

Hosting Unlimited Indonesia

April 06, 2015

Standar Organik Gula Semut, Tidak Boleh Pakai Plastik Berwarna

Untuk menghindari pencemaran pengemasan gula semut organik dihindarkan menggunakan plastik berwarna, apalagi plastik berwarna hitam. Pada, awal tahun 2013, produksi 3 ton pertama pengelolaan masih kurang pengawasan, dan pendidikan  masih sangat jarang dilakukan kepada pengerajin gula semut. Maka pengalaman ini, tidak akan terulang untuk
menggunakan plastik berwarna hitam dan sejenisnya.

Pendidikan pengelolaan gula semut organik dilakukan melalui pertemuan kelompok di masing-masing wilayah. Pemberitahuan standar organik juga dilakukan melalui kontrol kualitas yang dilakukan oleh Tim ICS (Internal Control System) yang menjalankan fungsi sebagai pengawasan internal dari dalam masyarakat pengerajin gula semut sendiri. Sehingga, harapannya proses pengawasan dapat lebih dalam dan beradaptasi dengan mudah dengan struktur sosial dan budaya masyarakat pengerajin gula semut.

Kunjungan lapangan setiap rumah pengerajin gula semut dilakukan Tim ICS setiap minggu dan bergilir dilakukan dalam rangka melakukan pengawasan dan pemberian informasi pengelolaan gula semut organik dengan standar sertifikasi dari Control Union (CU) Belanda. Oleh karena itu,  Tim ICS dapat bergerak di setiap rumah pengerajin gula semut dalam rangka melakukan tugasnya memastikan pengelolaan gula semut berkualitas organik internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar