Translate

Hosting Unlimited Indonesia

Februari 19, 2014

Pertemuan Kelompok Nira Rahayu Sebagai Proses Kemandirian Belajar

Pertemuan Ibu-Ibu Pengerajin gula semut dilakukan di kelompok Nira Rahayu sebagai upaya untuk belajar berasma tentang produk gula semut yang berkualitas. Dalam proses ini diharapkan para pengerajin gula semut dimana sebagian besar peran dilakukan oleh ibu-ibu dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan warga penderes.

Usaha ibu-ibu ternyata tidaklah sia-sia, karena dalam proses selanjutnya mereka dapat membuat gula semut berkualitas dan mendapatkan penghargaan atas produk dari gula semut yang mereka buat. setidaknya, dengan membuat gula semut penghasilan mereka dapat meningkat dua kali lipat dari penghasilan sebelumnya, dimana mereka sebelumnya masih membuat gula kelapa cetak. 
Perjuangan bersama dalam belajar dalam kelompok dianggap sebagai proses memberdayakan diri secara mandiri, karena masing-masing dari mereka memberikan pengalaman dan ilmunya setelah membuat gula semut yang baik, dan mereka juga dapat bertukar pengetahuan dan pengalaman dan saling menimba ilmu untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai produksen gula semut berkualitas. 
Selamat ibu-ibu pengerajin gula, bersama kalian selalu teringat kemiskinan yang dengan mudah dapat berubah jika kita mau melakukan usaha bersama untuk berubah... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar