Translate

Hosting Unlimited Indonesia

Maret 07, 2015

Obat Gula Pantangan Untuk Membuat Gula Semut

Produk gula kelapa yang sedang digemari di pasar global adalah gula semut atau bahasa kerenya crystal coconut sugar. Namun, produksi gula semut yang konon katanya susah dan njelimet (bahasa jawanya) itu membuat pengerajin gula kelapa engan untuk memproduksi. Apa lagi bagi mereka, pengerajin gula kelapa yang sudah rajin menggunakan obat gula (sodium meta bisulfit) akan berkomentar miris dan negatif.


Mengapa mereka berkomentar misis dan negatif, karena perilaku mereka yang menggunakan obat gula sebagai campuran pembuatan gula kelapa yang tidak bisa dirubah. Sedangkan, dalam pembuatan gula semut selalu mensyaratkan bahwa produksi gula kelapa semut tidak boleh menggunakan obat gula atau obat kimia lainnya kecuali dengan tambahan laru gamping atau kapur sirih dan kulit manggis (yang dipercaya oleh nenek moyang sebagai obat alami untuk membuat gula kelapa berkualitas).

Kesadaran mengenai mudarotnya pemakaian obat gula tersebut ironisnya sudah diketahui oleh pengerajin gula kelapa. Hal ini dibuktikan bahwa ketika mereka melakukan hajatan dan membuat jenang atau makanan yang berbahan gula kelapa, maka mereka akan membeli atau memproduksi gula kelapa yang tanpa campuran obat kimia tersebut. Dan banyak juga pengerajin gula kelapa mengetahi dampak pencampuran obat kimia yang disebutkan sebagai natrium besulfit.

Ada juga sebagian pengerajin gula kelapa yang berdalih bahwa memakai obat gula (obat kimia) sebagai campuran saja. Hal ini perlu dipahami konsumen makanan yang berbahan dasar gula kelapa, dan perlu ditanyakan kepada penjualnya, apakah gula kelapa yang dipakai terbebas oleh obat gula (obat kimia)? Kalau mereka tidak bisa menjawab, kita wajib meninggalkan warung tersebut dan jangan membelinya.

Jaga kesehatan mulai dengan memakan gula kelapa alami yang sehat dan bermanfaat.

Salam hangat,
mastile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar